MANFAAT LUBANG BIOPORI

1.    Meningkatkan daya perserapan air
Kehadiran lubang resapan biopori secara langsung akan menambah bidang resapan air, setidaknya sebesar sebesar luas kolom lubang fauna tanah. Bidang resapan ini akan selalu terjaga kemampuannya dalam meresapkan air  karena aktvitas fauna tanahlah sebagai salah satu pendukungnya.
2.   Mengubah sampah organic menjadi kompos
Lubang resapan biopori dapat diaktifkan dengan cara memberikan sampah organic kedalamnya , sampah tersebut akan dijadikan sebagai sumber energy bagi organisme tanah dengan proses DEKOMPOSISI. Sampah yang telah didekomposisi dikenal dengan istilah “kompos”.
        Kelebihan sampah organic yang dimasukkan kedalam lubang biopori :
a.   Sampah organic akan menjadi kompos
b.   Tidak cepat diemisikan ke atmosfer sebagai gas rumah kaca yang berarti dalam hal ini dapat mengurangi pemanasan global.
c.   Memelihara biodiversitas ( keanekaragaman hayati)

3.   Memanfaatkan fauna tanah dan akar tanaman
Selain perawatan langsung dari manusia, LRB jga diaktifkan oleh fauna tanah dan perakaran tanaman sehingga pemelihaaran LRB dapat dilakukan secara alami tanpa bahan kimia tertentu.
4.   Mengurangi emisi gas carbon ke udara
Sampah organic mengandung gas karbon yang apabila ditimbun didalam tanah akan menjadi humus yang bermanfaat, sedangkan jika dibakar gas karbon tersebut akan diemisikan keudara sehingga menimbulkan pemanasan globlal.
5.   Mengurangi genangan air yang menyebabkan penyakit
Apabila tidak ada perserapan air hujan yang memadai, air hujan tersebut akan menggenang dan akibatnya dapat menimbulkan penyakit. Dalam hal ini, LRB sangat berguna karena membantu proses penyerapan air ke tanah, semakin banyak LRB maka semakin kita terhindar dari bahaya banjir dan penyakit.

Sumber :

Categories:

Leave a Reply

    go green


    Pengikut

    Cute Sprout Pot